Home / Properti / Profil / Joy : Ciptakan Suasana Kekeluargaan Agar Perusahaan Tetap Solid dan Berjalan Baik

Joy : Ciptakan Suasana Kekeluargaan Agar Perusahaan Tetap Solid dan Berjalan Baik

Joy D Lango pernah bersekolah di Tokyo Jepang sehingga ia sangat fasih berbahasa Jepang.  Dia juga memilik hobi tambahan pemain band spesialis Keyboard dengan music khusus Genre music Rock, utamanya yang sangat dia sukai band Deep Puple dan God Bless. Joy, mamanya asli Pacitan (Jawa Timur) dan papanya asli Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya dari Rote. Dan Joy adalah anak ke-2 dari 4 bersaudara. Joy sendiri sudah beristri dan memiliki 3 anak, yang pertama sebagai Lawyer, kedua sebagai arsitek dan anak yang ketiga masih SMA. Saat ini Joy bekerja di Sinar Gading Land sebagai Marketing Director.  Bagi Joy dengan musik itu akan memunculkan ide-ide kreatif.

SUARAKU1.COM, – Pada 23 Maret 2020 redaksi suraku1.com melakukan interview salah satu pelaku properti di Indonesia Joy D Lango biasa di panggil Joy.

Berikut ini petikan wawancara Asep Erwin dari Redaksi suaraku1.com dengan Joy D Lango

Nama lengkap perusahaan pengembang tempat bapak bekerja dan nama proyeknya apa saja pak ?

PT Sinar Gading Land dengan konsentrasi landed house dan commercial. Nama Proyeknya Sinar Gading Residence di Tambun Bekasi, dan sedang dipersiapkan proyek baru Go Home di Serpong.

Sebelum lebih jauh bicara tentang proyek properti bapak, bisa dijelaskan sejak kapan bapak berkiprah di dunia properti ?

Saya berkiprah di properti sejak tahun 1992, awalnya di Lippo Cikarang, dan sudah malang melintang ke berbagai developer baik di Jakarta, Bandung, Pekalongan dan Surabaya. Semua di divisi Sales & Marketing. 

Bapak juga kelihatannya awet muda terus nih, apa rahasiahnya ?

Ya, saya ini biar usia sudah menginjak 56 tahun, tapi yang namanya marketing harus selalu ada solusi dan harus inovatif  boss ha.. ha.. ha.. dan itu justru yang bisa membuat awet muda karena sekalipun kita terus berpikir dalam situasi yang baik maupun buruk.. kami tetap bisa tertawa-tawa sambil minum teh ha.. ha..

Kalau motivasi bapak masuk di dunia properti apa tuh pak ? 

Karena, melalui bisnis ini kita bisa banyak menolong orang untuk investasi,  dan tentunya untuk memiliki aset baik untuk saat ini, maupun masa depan. Dan paling enak tentunya kita bisa memberi keuntungan bagi banyak orang. Maka, berkat itu akan kembali ke kita lagi he.. he.. he.. Berkat penghasilan tentunya…

Nah, iya pak Joy ini bagaimana dengan kondisi saat ini Indonesia diserang wabah Corona, dampaknya seperti apa terhadap perusahaan bapak ?

Tentunya kami harus berpikir keras untuk bagaimana perusahaan tetap bertahan dan menghasilkan penjualan sebaik-baiknya dan sebanyak-banyaknya. Ini yang harus ada dipikiran kami sebagai marketing. Tapi kami sangat bersyukur bahwa penjualan kami di Sinar Gading Residence pada bulan Januari 2020 – Maret 2020 bagus, karena selalu ada kenaikan dari bulan ke bulan, dan anehnya ada beberapa yang cash dan itu terjadi justru di bulan Maret 2020 saat Corona ini melanda negeri kita. 

Namun, pada situasi seperti ini sekali pun kami boleh agresif tapi tetap harus menjaga biaya sebegai peluru marketing agar dijaga kestabilannya antara biaya vs salesnya, dan strategi yang kami lakukan adalah Monitoring Digital Marketing dan tetap setiap tim Sales dibekali Ilmu Marketing Up Date dengan dilakukan Out of The Box Presentation. Kenapa harus up date ?? Karena dunia sudah berubah dengan adanya shifting (pergeseran) prilaku pasar. Tapi, harus diakui properti tetap harus kuat di Off Line sebagai senjata pamungkas, dan On Line sebagai senjata awal.

Jadi, akibat musibah virus Corona terhadap proyek-proyek perusahaan bapak ini tidak terlalu berdampak pak ya ?

Tentunya sebetulya imbasnya ada, tapi menurut saya semua tetap tergantung pada posisi daerah proyeknya, kenapa ?? Karena, kuncinya adalah di produk. Nah, kebetulan proyek kami Sinar Gading Residence ini lokasi atau daerahnya yang tidak mengalami banjir, baik seperti banjir yang terjadi di tanggal 1 Januari 2020 atau pun banjir yang terjadi di tanggal 25 Febuari 2020. Proyak kami beridiri diatas rekomendasi PEIL banjir yang telah di tentukan Pemda. Sehingga, ini dapat dikatakan anugerah, karena menjadikan penjualan kami tetap stabil dikala siatuasi Indonesia dilanda bencana virus Corona sekalipun.

Apakah akibat bencana virus Corona ini akan terjadi koreksi pada target penjualan di tahun 2020 ini ?

Untuk target terjadi koreksinya dalam hal realistis di ubah menjadi target yang optimis, dan sekali-sekali jangan bermain di wilayah pesimis. Itu saja sih..

Kalau menurut bapak dalam menyikapi wabah virus Corona yang sangat berdampak pada ekonomi dan bisnis ini, bagaimana cara menyikapinya agar perusahaan tetap berjalan ? 

Dalam perusahaan, kami selalu menciptakan suasana kekeluargaan atau istilahnya Family Base. Ini menjadi sangat penting bahwa kita semua adalah mitra kerja dan semua tim kami merasa meiliki perusahaan. Ini tidak mudah kalau kita sebagai pemimpin tidak menjadi contoh. Kalau ini berjalan dengan baik, maka perusahaan dalam menghadapi situasi seperti sekarang karena Indonesia di landa bencana virus Corona, maka tetap perusahaan akan solid dan berjalan dengan baik.

Apakah ada strategi khusus untuk supaya tetap usaha properti ini jalan ? 

Ya itu tadi 2 (dua) hal, kuatkan strategi di On Line dan Off Line dengan menciptakan Out of The Box Creative !!

Dalam menghadapi situasi seperti ini, jadi selain tadi bapak sebutkan strateginya, nah sekarang solusi terbaik apa yang bisa pak Joy lakukan ? 

Yang jelas, kita harus punya jiwa optimis, karena mind set misi kita harus punya konsep bahwa semua itu punya musim, yaitu memang ada saatnya menanam, dan pasti ada saatnya menuai. Bahkan, bisa lebih ekstrim lagi yaitu ada kalanya badai, dan adakalanya cuaca tenang. Kita harus sadar itu, kita berada dimana saat ini ??? Karena kita ini orang beriman, kita percaya bahwa badai itu pasti berlalu. Apalagi saya percaya dengan satu filosofi, Kegagalan itu tidak pernah ada, yang ada kalau kita berhenti maka gagal”

Untuk yang terakhir, mungkin ada hal lain yang ingin pak Joy sampaikan ? 

Kita tahu bahwa manusia ini lemah, kita hanya bisa bergantung dan berharap kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dan tetap menjaga tubuh kita tetap sehat misal dengan menjalankan olah raga. Karena,  saya saja Jam 5 pagi setiap hari sudah Jogging selama 1 jam. Ini yang membuat badan kita tetap sehat, maka pikiran kita pun cerah sehingga selalu siap menghadapi tantangan, dan senantiasa selalu bersuka cita. (Asep Erwin) 

About asep

Leave a Reply

%d bloggers like this: