Mayjen TNI (Purn) JULIUS ERNST MAGENDA

SUARAKU1.COM – Jenderal ini adalah Tokoh Pendiri Intelijen Indonesia yang mendirikan Direktorat Intelijen Strategis yang sekarang disebut BIN (Badan Intelijen Negara). Pada masa itu Intelijen Asing begitu menghormati Intelejen Indonesia, bahkan Belanda pun sampai harus melepaskan Irian akibat gencarnya Lobi dan Manuver dari Direktur Intelijen TNI AD sekaligus Komandan G-1 KOTI (Komando Operasi Tertinggi), Ernest Julius Magenda, meskipun sampai saat ini Soeharto tidak pernah mengakui hal tersebut.

Pada waktu terjadinya peristiwa G30S. E.J. Magenda pernah mendatangi Jenderal Nasution jam 10.30 malam sebelum Pasukan-pasukan G30S/PKI menculik dan membunuh Pahlawan-pahlawan Revolusi. Mayjen E.J. Magenda melaporkan kegiatan PKI yang semakin meningkat dan rencana PKI untuk mengadakan pemberontakan tapi kapan waktunya, belum diketahui pada waktu itu, oleh E.J. Magenda menanyakan kepada Jenderal Nasution apa perlu ditambah Pasukan tapi Jenderal Nasution menganjurkan untuk tidak menambah Pasukan karena hal itu akan menimbulkan dugaan seolah-olah “Kita” yang akan mengadakan Coup (Kudeta).

E.J. Magenda aktif sekali dalam usaha-usaha penumpasan sisa-sisa G30S/PKI, tapi kegiatannya tidak banyak orang yang mengetahui. Adapun Kunci Rahasia Soeharto dan G30-S PKI termasuk beberapa Analis Sejarah memercayai bahwa “Supersemar atau Surat Perintah Sebelas Maret” masih bisa terjawab andai saja Direktur Intelijen TNI AD sekaligus Komandan G-1 KOTI (Komando Operasi Tertinggi), Mayjen TNI Ernest Julius Magenda, mau buka mulut.

Mayjen E.J Magenda meninggal pada tahun 1972 dan di Makamkan di Taman Makam Pahlwan Kalibata dengan Upacara Kebesaran Militer, dan ada cerita, yang menggambarkan betapa segannya Soeharto pada Direktur Intelejen Staf Angkatan Bersenjata (SAB) tersebut, konon saat E.J Magenda meninggal pada 15 Oktober 1972, meski Ketua MPRS A.H Nasution datang, tetapi Soeharto tidak muncul. (*)

About asep

Check Also

MARINIR GELAR UPACARA PERINGATAN HUT KE 75 TNI SECARA VIRTUAL

SUARAKU1.COM, Dispen Kormar (Jakarta) – Bertempat di Lapangan Hijau Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: