Home / News / Nasional / Outlet Batik Indonesia yang ada di Luar Negeri

Outlet Batik Indonesia yang ada di Luar Negeri

SUARAKU1.COM, – Pasti kemarin Sobat semua melihat banyak banget teman-teman sobat yang mengenakan batik, kan. Itu semua dikarenakan kemarin tanggal (2 Oktober 2019) kita sedang memperingati Hari Batik Nasional.

Jika berbicara tentang batik, pasti sobat sering menemukan banyak sekali toko batik di Indonesia. Tapi apakah Sobat semua tahu jika di luar negeri juga terdapat toko yang menjual batik buatan Indonesia?

Yuk kita simak apa aja sih toko batik yang ada di luar negeri dan terletak dimana aja.

1.Rumah Bebe, Singapura

Rumah Bebe ini didirikan oleh seorang Nyonya bernama Bebe Seet. Di tahun 1990 seorang Nyonya diharuskan memiiki kekreatifan dalam memberi manik-manik di sandalnya. Hal ini mendorong Nyonya Bebe untuk lebih mencari tahu soal beading art.

Di tahun 1999, kelas beading ini menjadi populer dan akhirnya Nyonya Bebe mendirikan sebuah butik bernama Bebe Niche di daerah Katong yang memiliki spesialisasi di bidang beading dan juga penjualan kebaya sulam, tas dan sandal.

Kebaya yang dijual di Rumah Bebe ini menggunakan kain Batik Indonesia lho. Terutama kain Batik Pekalongan. Kebaya ini terinspirasi oleh teknik penyulaman jaman kuno pengrajin batik di Indonesia.

Selain kebaya terdapat juga sarong yang dijual terbuat dari kain batik atau juga sutra halus. Harga yang ditawarkan di rumah Bebe ini tergantung dari model dan bahan kain permintaan pembeli.

2.Batik Aroma Therapy Al-Warit di Singapura, Malaysia, dan Australia

Kain batik beraneka motif sudah biasa kita temui. Tapi jika batik dengan aroma therapy mungkin baru kali ini Sobat dengar. Penemu dari kain batik aromatherapy ini adalah Warisatul Hasanah yang berasal dari Madura.

Selain memiliki outlet di Surabaya dan Madura, Batik Al-Warit ini juga punya outlet di Malaysia, Singapura dan juga Australia, lho. Tak hanya itu, Warisatul juga mengekspor batiknya ke Arab, Amerika, Belanda dan beberapa negara lainnya.

Tahukah Sobat, walau telah dicuci berkali-kali, aromatherapy yang ada di kain batik ini tidak hilang. Tertarik mencobanya?

3.Sasmita Batik New York

Satu lagi nih pengrajin batik Indonesia yang melebarkan sayap ke luar negeri. Novi Paluch namanya, seorang pengrajin batik yang membuka sebuah outlet batik bernama Sasmita Batik di Buffalo, New York.

Semua dimulai ketika Novi mengikuti suaminya berpindah ke Amerika, terbersit ide untuk memperkenalkan batik Indonesia ke warga Amerika.

Selain menjual batik yang sudah ia desain sendiri, Novi juga menjual dress, kemeja, dompet dan lain-lain. Tak hanya menjual, ia juga menawarkan beragam informasi tentang batik pada pembelinya. Tahukah Sobat jika Novi juga memasok satu kontainer batik dari Yogyakarta tiap tahunnya ke Amerika?

Nah, sekarang Sobat tahu kan kalo batik itu sudah terkenal sampai ke mancanegara? Jadi kita sebagi warga Indonesia harus bangga juga dalam mengenakan batik. Happy Batik Day! (AE)

About asep

Check Also

Yonif Raider 509 Kostrad, Jaga Tapal Batas RI-PNG di M.M 4.5 Kab.Keerom

SUARAKU1.COM, – Pendiv2 – Salah satu tugas pokok Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad adalah …

Leave a Reply

%d bloggers like this: