Home / News / Nasional / Sahabat Indonesia Maju (SIMA) Adakan Pelatihan Coding Gratis untuk Anak-Anak

Sahabat Indonesia Maju (SIMA) Adakan Pelatihan Coding Gratis untuk Anak-Anak

SUARAKU1.COM, Jakarta, (28/09), – Sejalan dan seiring dengan visi besar presiden Jokowi dalam pengembangan SDM unggul untuk Indonesia Maju. Sahabat Indonesia Maju (SIMA) tak ketinggalan pula turut berkontribusi dan berperan aktif membantu pemerintah, mengimplementasikan pengembangan SDM unggul melalui salah satu program pendidikan dengan menggelar pelatihan coding gratis untuk anak-anak.

Arti coding sendiri dikatakan Kris Cantra Ketum SIMA, adalah cara menulis sekumpulan kode sesuai dengan aturan penulisannya, dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Sementara itu, manfaat atau kegunaan coding, yaitu dengan begitu banyaknya perusahaan yang membutuhkan coder (programmer). Orang yang dikatakan sebagai coder, dia akan memiliki kemampuan antara lain membuat website, membuat blog, menjadi programmer handal, membuat game, membuat aplikasi, membuat e-commerce, dan lain-lain.

Dalam upaya pengembangan SDM unggul, SIMA terus bergerak dalam memberi dampak positif minimal bagi masyarakat sekitar, termasuk salah satunya dengan memberi pelatihan coding ini secara gratis bagi anak-anak usia dini.

Pelatihan coding perdana yang diadakan SIMA ini bekerjasama dengan instansi pendidikan dengan tujuan untuk bagaimana lebih dekat pada anak.

Pelatihan coding ini pun mendapatkan tanggapan positif dari orang tua dan anak-anak peserta pelatihan. Selain itu, interface yang diajarkan sangat ramah anak dan memudahkan, juga menarik bagi anak-anak.

Salah satu pemberi materi coding, Isaac Edwin Winoto memberi atau berbagi materi pelatiahan coding dari berbagai pengetahuan dasar coding untuk anak-anak didiknya. Dasar pelatihan pun dibuat sederhana, seperti coding bisa membuat scratch (goresan) animasi-animasi lucu tiap anak.

“SIMA ini memiliki berbagai program sesuai dengan visi besarnya, yakni memajukan warga negara Indonesia. Kebetulan sebelumnya saat pilpres 2019 SIMA coba turut berkecimpung atau berkiprah di politik karena ingin mendukung orang baik pak Jokowi. Sekarang kami tinggal mengawal pak Jokowi dan pemerintahannya kedepan. Nah, salah satunya program pemerintah untuk mengembangkan SDM unggul adalah akan menjadi program SIMA juga, dan SIMA dalam mengawal pemerintah pak Jokowi ini akan bermain di area-area tersebut, seperti program edukasi-edukasi atau pendidikan, juga ada kegiatan-kegiatan sosialnya untuk masyarakat,”terang Eka Purnama Dewi, biasa di panggil Neng Eka, Humas SIMA.

Lebih lanjut dikatakan Eka, alhamdulillah saat ini ada kesempatan SIMA memberikan pelatihan coding untuk anak-anak. Ini adalah program edukasi yang bekerjasama dengan mas Isaac untuk para gen digital dalam pengembangan dunia komputer. Jadi, untuk generasi anak-anak usia dini melalui program pelatihan coding yang di adakan SIMA ini kita perkenalkan pengembangan ilmu atau dunia komputer untuk mereka.

Acara pelatihan coding pun diakhiri dengan pembagian sertifikat oleh SIMA kepada suporter, tim mentor yang memberikan pelatihan coding. Serta sertifikat diberikan kepada para peserta pelatihan coding. (Asep Erwin)

About asep

Check Also

Ibu Negara Akan Sosialisasi Konvergensi Stunting di Cirebon

SUARAKU1.COM, – Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla pada pagi ini, …

Leave a Reply

%d bloggers like this: